Perumusan dan Pengujian Hipotesis

Perumusan Dan Pengujian Hipotesis
(Tugas Mata Kuliah Statistika Dasar)

Disusun Oleh :
Kelompok 3
Adelia aris Setyawati 1113022001
Puspita Indah Rahayu 1113022045
Praba Kurnia Dini Kalinda 1113022043
Rika anggraini 1113022049
Sondang Ni ari Bulan Lubis 1113022057

PENDIDIKAN FISIKA
PENDIDIKAN MATEMATIKA DAN ILMU PENGETAHUAN ALAM
FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN
UNIVERSITAS LAMPUNG
2012

LEMBAR KERJA MAHASISWA
Mata Kuliah : Statistika Dasar
Kopel/sks : KMT 208 / 3 (2-1)
Program Studi : Pendidikan Fisika
Pertemuan ke :
Pokok Bahasan : Perumusan dan Pengujian Hipotesis

Pada suatu distribusi nilai ulangan, reratanya µ = 80 dan deviasi bakunya σ = 10. Berapa persen skor-skor itu :
Ada di atas 80
Diatas 85
Diantara 80 dan 85

Rumuskan hipotesis statistic dari hiupotesis penelitian berikut
Siswa yang bersekolah pagi hari lebih menunjukkan keseriusan belajar daripada siswa yang bersekolah di sore hari
Ada perbedaan keseriusan belajar fisika antara siswa yang bersekolah pagi hari dengan siswa yang bersekolah sore hari
Tidak terdapat perbedaan keseriusan belajar matematika antara siswa yang bersekolah pagi hari dengan siswa yang bersekolah sore hari

Jelaskan makna α = 5 % !
Jelaskan perbedaan kekeliruan α dan kekeliruan β !
Andaikan kita ingin mengecek kebenaran pendapat bahwa peminat untuk menjadi guru dating dari mereka yang orang tuanya petani dan ekonomi lemah. Untuk melihat kebenarannya, dipilih 200 nahasiswa LPTK dan 200 mahasiswa nonLPTK secara acak. Bila orang tua mahasiswa tersebut petani atau memiliki ekonomi lemah, masukkan mahasiswa tersebut ke dalam kelompok A, sedangkan mahasiswa yang orang tuanya bukan petani dan ekonominya tidak lemah masukkan ke dalam kelompok B. Andaikan data yang terkumpul sebagai berikut.

Kelompok Orang Tua
A B
Mahasiswa LPTK 115 85 200
Non LPTK 75 125 200
190 210 400

Penyelesaian

Diketahui : µ = 80 Z = x – µ
σ = 10 σ

Ditanya : a) x > 80
b) x > 85
c) 80 < x < 85

Jawab :
Z = 80 – 80 = 0
10

0
L = 0,5
Skor diatas 80 = 50 %

Z = 85 – 80 = 0,5
10

0
Lz = 0,5 = 0,1915
L diarsir = 0,5 – 0,1915
= 3085
Skor di atas 85 = 30,85

Z = 0 – 0,5

0,5
L = 0,5 – 0,3085
= 0,1915
Skor diantara 80-85 = 19,15 %

A. H0 : ϴ : ϴ0 : berarti siswa yang sekolah pagi lebih serius
H1 : ϴ < ϴ0 : berarti siswa yang sekolah sore kurang serius

B. H0 : ϴ : ϴ0 : berarti siswa yang sekolah pagi serius
H1 : ϴ ≠ ϴ0 : berarti siswa yang sekolah sore tidak serius

C. H0 : ϴ = ϴ0 : berarti siswa yang sekolah pagi diterima
H1 : ϴ ≠ ϴ1 : berarti siswa yang sekolah sore juga serius

α = 5%
berarti memiliki kesalahan tipe 1 5% = 0,05
5% = 5/100 , berarti kira-kira 5 dari 100 kesimpulan bahwa kita akan menolak hipotesis yang seharusnya diterima

a) Kekeliruan α = menolak hipotesis yang seharusnya diterima
Kekeliruan β = menerima hipotesis yang seharusnya ditolak
b) Apabila nilai alfa semakin besar, maka beta akan semakin kecil

Jawab :
Kita menguji dua proporsi uji dua pihak. Dengan sampel dipilih secara acak, maka dari itu pasangan hipotesisnya adalah sebagai berikut :
H0 : πA = πB, Peminat jadi guru datang dari mereka yang orang tuanya petani dan ekonomi lemah
H1 : πA ≠ πB, Peminat jadi guru datang dari mereka yang orang tuanya bukan petani dan ekonomi tidak lemah

P = (115-75)/(200+200) = 0,475

q = 1-p = 1- 0,475 = 0,525

sehingga nilai Z nya adalah :

Z = ((x1/n1)- (x2/n2))/√(pq (1/n1+1/n2)) = ((115/200)- (75/200))/√((0,475)(0,525)(1/200+1/200))

= 0,2/√0,00249
= 0,2/0,049
=4,008

Gambar grafik distribusi normal nya digambar dipapan tulis.
Kriteria pengujian adalah terima H0 jika -1,96 < Z Z 1/2 (1-α) maka H0 ditolak, itu berarti bahwa pernyataan itu tidak benar.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s