Proposal Perencanaan Bisnis Iwata Tour and Travel

PROPOSAL PERENCANAAN BISNIS IWATA TOUR & TRAVEL
( Tugas Mata Kuliah Kewirausahaan )

Oleh :
Rika Anggraini
1113022049

PENDIDIKAN FISIKA
PENDIIKAN MATEMATIKA DAN ILMU PENGETAHUAN
FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN
UNIVERSITAS LAMPUNG
BANDAR LAMPUNG
2012


Rencana Bisnis
IWATA TOUR AND TRAVEL
JASA PARIWISATA

Bandar Lampung, 13 November 2012

disusun oleh:
Rika Anggraini ( 1113022049 )

Jl. Woltermonginsidi No. 159K Teluknetung Utara Bandar Lampung
No. Telepon (0721) 485866 No. Fax (0721) 483492
Alamat E-mail: salaamabadi@yahoo.com Situs Web: http://www.iwata-tours.com

1. RINGKASAN EKSEKUTIF
– IWATA TOUR & TRAVEL
– JASA PARIWISATA
– PRODUK DAN JASA
– NILAI PENJUALAN 6.000.000.000 PERTAHUN
– NILAI KEKAYAAN TERAKHIR 2.400.000.000
– PROSPEK PENGEMBANGANNYA DENGAN MEMBERIKAN PELAYANAN YANG
PRIMA TERHADAP PELANGGAN
-MEMBUKA CABANG DISETIAP DAERAH
– TARGET PENJUALAN 500.000.000/BULAN
– KEBUTUHAN DANA 120.000.000 UNTUK MEMBUKA USAHA
– PENGURUSAH SURAT IZIN USAHA DAN PENDAFTARAN MENJADI AGENT
– DISETIAP AIRLINES
– JANGKA WAKTU PENGEMBALIAN DANA 6 BULAN

2. LATAR BELAKANG PERUSAHAAN
2.1 DATA PERUSAHAAN
Nama Perusahaan IWATA TOUR & TRAVEL

Bidang Usaha JASA PARIWISATA

Jenis Produk / Jasa TIKET, TOUR, HOTEL

Alamat Perusahaan JL. WOLTERMONGINSIDI NO. 159 K

Nomor Telepon/Fax 0721-485866 / 0721-483492

Alamat E-mail salaamabadi@yahoo.com

Bank Perusahaan MANDIRI, BCA, BNI

Bentuk Badan Hukum PT

Nomor Akte Pendirian 07.01.1.63.00219

N P W P 21.047.254.4-324.000

1. Mulai Berdiri 08 AGUSUS 2008

2.2 BIODATA PEMILIK / PENGURUS
1. Nama ARIENALDO RAHMAN

2. Jabatan MANAGER OPERASIONAL

3. Tempat dan Tanggal Lahir Bandar Lampung, 21 Juli 1990

4. Alamat Rumah Jl. P. Emir M.Nur Gg. Gelatik, Telukbetung Utara

5. Nomor Telepon 0721-485866

6. Nomor Fax 0721-483492

7. Alamat E-mail salaamabadi@yahoo.com

8. Pendidikan Terakhir S1

9. Pengalaman Kerja

2.3 STRUKTUR ORGANISASI

3. ANALISIS PASAR DAN PEMASARAN
3.1 PRODUK / JASA YANG DIHASILKAN

Produk yang dijual ialah Domestik & International Air Ticket, Tour Package, Hotel.

KEUNGGULAN PRODUK YANG DIMILIKI
1. Tiket pesawat sudah berupa elektrik tiket. Dapat mengambil tiket dimana pun.
2. Tiket bisa digunaka secara fleksibel, bisa diganti tanggal dan waktu keberangkatan
3. Tiket sudah bisa digunakan untuk city cekin untuk maskapai tertentu.

3.2 GAMBARAN PASAR
DATA NILAI PENJUALAN (3 – 5 TAHUN TERAKHIR)

KEGIATAN PEMASARAN DAN PROMOSI YANG SUDAH DILAKUKAN
 PERSONAL SELLING
Memberikan pelayanan prima kepada setiap pelanggan dan membantu mencarikan tiket pesawat dengan harga best price. Agar pelanggan datang kembali dan mempercayai perusahaan kita.

 BROSUR
Menyebarkan brosur diberbagai tempat sehingga orang tau apa usaha kita dan dimana alamat kita.

 ADVERTISING / IKLAN
Pemasangan iklan dikoran serta memberikan promo untuk para pelanggan.

3.3 TARGET ATAU SEGMEN PASAR YANG DITUJU
GAMBARAN KARAKTERISTIK PEMBELI / PENGGUNA
Pembeli mayoritas dari kalangan menegah ke atas. Tidak hanya individu yang menjadi pelanggan, perusahaan-perusahaan pun menjadi pelanggan di pembayaran cash tempo. Daya beli masyarakat sangat tinggi, didukung dengan mobilitas mereka yang sangat tinggi.

3.4 STRATEGI PEMASARAN

 PENGEMBANGAN WILAYAH PEMASARAN
Memperluas strategi pemasaran, guna mendapatkan pelanggan yang sebanyak-banyaknya agar omset perusahaan naik.

 KEGIATAN PROMOSI
Memberikan potongan harga untuk pembelian paket tour dan pembelian tiket secara group.

 STRATEGI PENETAPAN HARGA
Penetapan harga harus sesuai dengan relasi perusahaan dan mengikuti naik turunnya harga.

3.5 ANALISIS PESAING
PESAING KEUNGGULAN KELEMAHAN
PUSPA TOUR & TRAVEL 1. Merupakan dari perusahaan besar
2. Banyak relasi 1. Tidak menyediakan pelayanan rebook/perubahan tiket

ARIE TOUR & TRAVEL 1. Merupakan perusahaan terlama
2. 1. Kurang Relasi antar karyawan
2. Kurang pelayanan terhadap pelanggan

3.6 SALURAN DISTRIBUSI
WILAYAH PEMASARAN SAAT INI
1. Wilayah Pemasaran  Lokal 70 %
 Regional 30 %

WILAYAH PEMASARAN YANG DIRENCANAKAN
1. Wilayah Pemasaran  Lokal 80%
 Regional 50 %

4. ANALISIS SUMBERDAYA MANUSIA (SDM)
4.1 ANALISIS KOMPETENSI SDM

KEUNGGULAN DAN KOMPETENSI SDM LAIN-LAIN
1. Berpenampilan Menarik dan sopan
2. Mampu mengoperasikan komputer
3. Mampu berbicara dengan bahasa inggris

4.2 ANALISIS KEBUTUHAN DAN PENGEMBANGAN SDM
JABATAN Tingkat Pendidikan Pengalaman (tahun) Keterampilan Khusus
Supervisor S1/SMU 2 tahun Mampu berkomunikasi dengan bahasa inggris dan mampu mengoperasika komputer dengan baik.
Ticketing SMU 1 Mampu berkomunikasi dengan baik dan mampu mengoperasikan koputer

4.3 RENCANA KEBUTUHAN PENGEMBANGAN SDM
JABATAN Jumlah Kebutuhan Tenaga yang Tersedia Tenaga yang Harus Direkrut
Tiketing 6 4 2
Marketing 2 1 1


5. ANALISIS KEUANGAN
5.1 LAPORAN KEUANGAN

5.2 RENCANA ARUS KAS (CASH – FLOW)

KETERANGAN:
Nilai Penerimaan tahun pertama (2001) sama dengan jumlah Penerimaan per bulan untuk tahun pertama (2001), begitu pula dengan nilai pengeluaran. Saldo kas awal tahun pertama (2001) adalah saldo kas awal bulan pertama.

6. ANALISIS DAMPAK DAN RESIKO USAHA
6.1 DAMPAK TERHADAP MASYARAKAT SEKITAR
– Membantu masyarakat sekitar yang belum mendapatkan pekerjaan
– Membantu pertubuhan ekonomi masyarakat

6.2 ANALISIS RESIKO USAHA
– Sedikitnya pelanggan akan memperlambat pertumbuhan suatu perusahaan
– Sulitnya memperoleh banyak pelanggan karena banyak saingan.

6.3 ANTISIPASI RESIKO USAHA
– Memberikan pelayanan semaksimal mungin terhadap pelanggan
– Mengerti apa keinginan pelanggan
– Memperbanyak relasi dan pemasaran

LAMPIRAN
A. PETA LOKASI

B. FOTO PRODUK

C. DOKUMENTASI PRODUKSI

8 thoughts on “Proposal Perencanaan Bisnis Iwata Tour and Travel

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s