RPP PERUBAHAN MATERI

Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP)

 

Satuan Pendidikan                              : Sekolah Menengah Pertama

Mata Pelajaran                                    : IPA

Kelas/Semester                                    : VII/Semester I

Tema                                                   : Perubahan Materi

Sub Tema                                            : Perubahan Fisika

Pertemuan ke                                      : I (satu)

AlokasiWaktu                                     : 1 x 40 Menit (1 kali tatap muka)

 

  1. A.      KO MPETENSI INTI
    1. Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya.
    2. Menghargai dan menghayati perilaku jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli (toleransi, gotong royong), santun, percaya diri, dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam dalam jangkauan pergaulan dan keberadaannya.
    3. Memahami pengetahuan (faktual, konseptual, dan prosedural) berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, terkait fenomena dan kejadian tampak mata.
    4. Mencoba, mengolah, dan menguji dalam ranah konkret (menggunakan, mengurai, merangkai, memodifikasi, dan membuat) dan ranah abstrak (menulis, membaca, menghitung, menggambar, dan mengarang) sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan sumber lain yang sama dalam sudut pandang/teori.

 

  1. B.       KOMPETENSI DASAR

1.1     Mengagumi keteraturan dan kompleksitas ciptaan Tuhan tentang aspek fisik dan kimiawi, kehidupan dalam ekosistem, dan peranan manusia dalam lingkungan serta mewujudkannya dalam pengamalan ajaran agama yang dianutnya.

2.1     Menunjukkan perilaku ilmiah (memiliki rasa ingin tahu; objektif; jujur; teliti; cermat; tekun; hati-hati; bertanggung jawab; terbuka; kritis; kreatif; inovatif dan peduli lingkungan) dalam aktivitas sehari-hari sebagai wujud implementasi sikap dalam melakukan percobaan dan berdiskusi.

2.2     Menghargai kerja individu dan kelompok dalam aktivitas sehari-hari sebagai wujud implementasi melaksanakan percobaan dan melaporkan hasil percobaan.

3.5     Memahami karakteristik zat serta perubahan fisik dan kimia pada zat yang dapat dimanfaatkan untuk kehidupan sehari-hari.

4.6     Melakukan pemisahan campuran berdasarkan sifat fisik dan kimia.

 

  1. C.      INDIKATOR PENCAPAIAN KOMPETENSI
    1. Menjelaskan pengertian perubahan fisika.
    2. Mengidentifikasi ciri-ciri perubahan fisika.
    3. Mengidentifikasi perubahan materi yang ada dalam kehidupan sehari-hari yang termasuk dalam perubahan fisika.
    4. Melakukan percobaan mengenai perubahan materi berdasarkan sifat fisika.

 

  1. D.      TUJUAN PEMBELAJARAN
  2. Setelah melakukan percobaan dan diskusi, siswa mampu menjelaskan pengertian perubahan fisika dengan benar.
  3. Setelah melakukan percobaan, siswa mampu mengidentifikasi ciri-ciri perubahan fisika dengan tepat.
  4. Setelah melakukan diskusi, siswa dapat mengidentifikasi perubahan materi dalam kehidupan sehari-hari yang termasuk dalam perubahan fisika dengan benar.
  5. Setelah melakukan diskusi dan mendengarkan penjelasan guru, siswa dapat melakukan percobaan  mengenai perubahan materi berdasarkan sifat fisika dengan tepat.

 

  1. E.       MATERI AJAR

Ciri khas suatu zat yang dapat diamati tanpa mengubah zat-zat penyusun materi tersebut, dinamakan sifat fisika. Sifat fisika suatu benda, antara lain :

  1. Wujud zat

Tiga macam wujud zat yang kita kenal adalah : padat, cair, dan gas. Zat tersebut dapat berubah dari satu wujud ke wujud lain. Beberapa peristiwa perubahan yang kita kenal, yaitu : menguap, mengembun, mencair, membeku, menyublim, dan mengkristal.

  1. Warna

Setiap benda memiliki warna yang berbeda-beda. Warna merupakan sifat fisika yang dapat kamu amati secara langsung. Warna yang dimiliki suatu benda merupakan ciri tersendiri yang membedakan antara satu zat dengan zat yang lain.

  1. Kelarutan

Air merupakan zat pelarut untuk zat-zat terlarut. Tidak semua zat dapat larut dalam zat pelarut. Misal, garam dapat larut dalam air, tetapi kopi tidak dapat larut dalam air. Kelarutan suatu zat dalam pelarut tertentu adalah sifat fisika.

  1. Daya hantar listrik

Benda logam pada umumnya dapat menghantarkan listrik. Benda yang dapat menghantarkan listrik dengan baik disebut konduktor, sedangkan benda yang tidak dapat menghantarkan listrik disebut isolator. Daya hantar listrik pada suatu zat dapat diamati dari gejala yang ditimbulkannya. Misal, tembaga dihubungkan dengan sumber tegangan dan sebuah lampu. Akibat yang dapat kamu amati adalah lampu dapat menyala. Daya hantar listrik merupakan sifat fisika.

  1. Kemagnetan

Berdasarkan sifat kemagnetan, benda digolongkan menjadi dua yaitu benda magnetik dan benda non magnetik. Benda magnetik adalah benda yang dapat diatrik kuat oleh magnet, sedangkan benda non magnetik adalah benda yang tidak dapat ditarik oleh magnet. Misal, terdapat campuran antara serbuk besi dan pasir. Jika magnet kita dekatkan pada kedua campuran tersebut, maka serbuk besi akan tertarik oleh magnet karena serbuk besi adalah bahan magnetik sedangkan pasir tidak akan tertarik oleh magnet karena pasir adalah bahan non magnetik. Perbedaan fisika seperti ketertarikan suatu benda pada sebuah magnet dapat digunakan untuk memisahkan suatu zat dalam campuran.

Perubahan fisika adalah perubahan pada zat yang tidak menghasilkan zat/ senyawa baru. Contohnya beras yang ditumbuk menjadi tepung. Beras yang ditumbuk menjadi tepung, hanya menunjukkan bentuk dan ukuran yang berubah, tetapi sifat molekul zat pada beras dan tepung tetap sama.  Peristiwa perubahan wujud zat, antara lain : menguap, mengembun, mencair, membeku, menyublim, mengkristal merupakan perubahan fisika.  Terdapat beberapa ciri- ciri pada perubahan fisika, yaitu:

  1. Tidak terbentuk zat jenis baru
  2. Zat yang berubah dapat kembali ke bentuk semula
  3. Hanya diikuti perubahan sifat fisika saja

Sifat kimia adalah ciri-ciri suatu zat yang berhubungan dengan terbentuknya zat baru. Berikut ini beberapa contoh sifat kimia yang dimiliki suatu benda, yaitu :

  1. Mudah terbakar

Pernahkah kamu memperhatikan, mengapa di stasiun pengisian bahan bakar terdapat larangan “DILARANG MEROKOK”. Peringatan ini bertujuan untuk mengingatkan kepada konsumen bahwa bensin termasuk zat yang mudah terbakar. Dengan mengetahui sifat dari bahan-bahan yang mudah terbakar, kita dapat menggunakannya secara aman.

  1. Busuk dan asam

Akibat terjadi reaksi kimia dalam suatu makanan atau minuman dapat mengakibatkan makanan dan minuman tersebut membusuk dan berubah rasa menjadi asam.

  1. Berkarat

Reaksi antara logam dan oksigen dapat mengakibatkan benda tersebut berkarat. Logam, seperti besi dan seng memiliki sifat mudah berkarat. Berkarat merupakan sifat kimia, sebab terjadi reaksi yang menghasilkan zat jenis baru.

 

  1. Mudah meledak

Interaksi zat dengan oksigen di alam yang mempunyai sifat mudah meledak, seperti magnesium, uranium, dan natrium.

  1. Racun

Terdapat beberapa zat yang memiliki sifat kimia beracun, antara lain : insektisida, pestisida, fungisida, herbisida, dan rodentisida. Zat beracun tersebut digunakan manusia untuk membasmi hama, baik serangga maupun tikus.

Perubahan kimia adalah perubahan pada zat yang menghasilkan zat jenis baru. Terdapat beberapa ciri-ciri perubahan kimia suatu zat yaitu:

  1. Terbentuk zat/senyawa baru.
  2. Zat yang berubah tidak dapat kembali ke bentuk semula.
  3. Diikuti oleh perubahan sifat kimia melalui reaksi kimia.
  4. Terdapat gelembung gas.
  5. Terbentuk endapan.
  6. Terdapat perubahan suhu.
  7. Terdapat perubahan warna.

 

  1. F.       PENDEKATAN/ METODE/MODEL PEMBELAJARAN

Pendekatan          : Scientific

Metode                 : Observasi dan diskusi

Model                   : Cooperative Learning

 

  1. G.      MEDIA, ALAT DAN SUMBER BELAJAR

 

  1. Media
  • Laptop
  • LCD
  • Papan tulis
  • Alat peraga

 

  1. Alat dan Bahan
  • Gunting
  • Pembakar spiritus
  • Gelas
  • Sendok logam
  • Kertas
  • Korek api
  • Gula
  • Air

 

  1. Sumber Belajar
  • Buku sekolah elektronik IPA SMP kelas VII, Kemendikbud 2013
  • Lingkungan

 

  1. H.      KEGIATAN PEMBELAJARAN

 

No.

Kegiatan

Langkah-langkah

Deskripsi Kegiatan

Alokasi Waktu

1.

Pendahuluan

Memotivasi dan Menciptakan situasi (stimulasi)

    Mengucapkan salam dan doa sebagai implementasi sifat religius.

    Pengkondisian kelas.

    Guru menyampaikan indikator pembelajaran yang harus dicapai oleh siswa.

5  menit

2.

Kegiatan Inti

Pembahasan tugas dan pembagian kelompok

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Eksperimen dan observasi

 

 

 

 

Pengumpulan data dan analisis

 

 

 

 

 

Generalisasi

 

   Guru menyampaikan informasi tentang kegiatan yang akan dilakukan  yaitu mengamati benda-benda yang sudah disediakan dan mengamati karakteristik perubahan dari benda-benda tersebut.

      Guru membagi siswa menjadi 3 kelompok dan meminta siswa untuk mengamati contoh perubahan fisika dalam kehidupan sehari-hari.

 

    Siswa melakukan  pengamatan terhadap karakteristik perubahan benda-benda yang sudah disediakan.

 

      Siswa mencatat hasil pengamatan.

      Siswa mendiskusikan hasil pengamatan dan menjawab pertanyaan-pertanyaan pada Lembar Kerja Siswa (LKS).

 

      Siswa membuat kesimpulan tentang pengamatan yang telah dilakukan.

      Siswa mengklasifikasikan fenomena perubahan fisika dan kimia dengan menuliskan ke papan tulis tentang fenomena yang dibagikan oleh guru kepada setiap kelompok.

      Guru mengelaborasi lebih lanjut tentang perubahan fisika.

25 menit

3.

Penutup

Konfirmasi

      Siswa dan guru mereview hasil kegiatan pembelajaran.

      Guru mengevaluasi penguasaan siswa dengan memberikan pertanyaan.

      Guru memberikan tugas untuk melengkapi jawaban dari pertanyaan-pertanyaan dalam Lembar Kerja Siswa (LKS).

10  menit

 

  1. I.         PENILAIAN
    1. Metode dan bentuk instrumen

Metode

Bentuk Instrumen

Sikap

Lembar pengamatan sikap dan rubrik

Tes Unjuk Kerja

Lembar penilaian kinerja dan rubrik

Tes Tertulis

Lembar tes tertulis

 

  1. Instrumen

a)        Lembar Pengamatan Sikap

Pengamatan perilaku ilmiah

No.

Aspek yang dinilai

3

2

1

Keterangan

1.

Rasa ingin tahu

 

 

 

 

2.

Ketelitian dalam melakukan pengamatan

 

 

 

 

3.

Ketekunan dan tanggungjawab dalam belajar dan bekerja, baik secara individu maupun berkelompok

 

 

 

 

4.

Keterampilan berkomunikasi pada saat belajar

 

 

 

 

Jumlah skor yang diperoleh

 

 

Skor maksimal

4 x 3 = 12

 

 

Rubrik penilaian perilaku ilmiah

No.

Aspek yang dinilai

Rubrik

1.

Menunjukkan rasa ingin tahu terhadap materi belajar dan hubungannya dengan kehidupan sehari-hari

         3  :  Menunjukkan rasa ingin tahu yang besar, antusias, aktif dalam dalam kegiatan kelompok.

         2 :   Menunjukkan rasa ingin tahu, namun tidak terlalu antusias, dan baru terlibat aktif dalam kegiatan kelompok ketika disuruh.

         1 :   Tidak menunjukkan antusias dalam pengamatan, sulit terlibat aktif dalam kegiatan kelompok walaupun telah didorong untuk terlibat.

2.

Ketelitian dalam melakukan pengamatan terhadap suatu benda atau kejadian

        3 :   Menganalisis objek pengamatan dengan hati-hati dan teliti.

        2 :   Menganalisis objek pengamatan dengan hati-hati dan teliti.

        1 :   Menganalisis objek pengamatan dengan hati-hati dan teliti.

3.

Ketekunan dan tanggungjawab dalam belajar dan bekerja baik secara individu maupun berkelompok

         3 :   Tekun dalam menyelesaikan tugas dengan hasil terbaik yang bisa dilakukan, berupaya tepat waktu.

         2 :   Berupaya tepat waktu dalam menyelesaikan tugas, namun belum menunjukkan upaya terbaiknya

         1 :   Tidak berupaya sungguh-sungguh dalam menyelesaikan tugas, dan tugasnya tidak selesai

4.

Keterampilan berkomunikasi pada saat belajar

        3 :   aktif dalam tanya jawab, dapat mengemukaan gagasan atau ide, menghargai pendapat siswa lain

        2 :   Aktif dalam tanya jawab, tidak ikut mengemukaan gagasan atau ide, menghargai pendapat siswa lain

        1 :   Aktif dalam tanya jawab, tidak ikut mengemukaan gagasan atau ide,kurang menghargai pendapat siswa lain

 

 

 

 

b)        Lembar penilaian kinerja

No.

Keterampilan yang dinilai

Skor

Rubrik

1.

Cara melakukan pengamatan benda-benda yang sudah disediakan oleh guru

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

        Skor 3:

Melakukan pengamatan dengan teliti, tepat dalam memprediksi hasil pengamatan, dan tepat dalam memposisikan pengamatan

        Skor 2:

Ada dua aspek yang terpenuhi

        Skor 1: 

Hanya satu aspek yang terpenuhi

2.

Cara menafsirkan data hasil pengamatan.

 

        Skor 3:

Melakukan analisis dan mencoba mengaitkan antarvariabel yang diselidiki (atau bentuk lain, misalnya mengklasifikasi).

        Skor 2: 

Melakukan analisis data, namun tidak melakukan upaya mengaitkan antarvariabel.

        Skor 1: 

Tidak melakukan penafsiran data.

3.

Cara mengomunikasikan data hasil pengamatan

 

        Skor 3: 

Memadukan hasil tertulis sebagai bagian dari penyajian secara lisan.

        Skor 2: 

Lisan dan tertulis, namun tidak dipadukan.

        Skor 1: 

Hanya dilakukan secara lisan.

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Jawablah pertanyaan-pertanyaan di bawah ini dengan tapat!

 

  1. Kertas terbakar, dan besi berkarat termasuk perubahan ….
  2. Fisika
  3. Materi 
  4. Kimia
  5. Senyawa pemanasan makanan 

Alasan :

……………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………..

  1. Bom yang meledak dan menghancurkan gedung bertingkat termasuk perubahanan…
    1. Kimia 
    2. Fisika 
    3. Bentuk
    4. Wujud

Alasan :

……………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………..

 

 

 

 

 

 

c)    Lembar Tes Tertulis

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

  1. Contoh perubahan materi berikut yang termasuk perubahan fisika adalah ….
  2. Mercon meledak
  3. Menggoreng kacang
  4. Kapur barus menyublim
  5. Besi menjadi arang

Alasan :

……………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………..

  1. Perubahan-perubahan materi berikut termasuk perubahan fisika, kecuali …
    1. Kursi makan
    2. Bensin terbakar
    3. Emas melebur
    4. Lilin meleleh

Alasan :

……………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………..

  1. Peristiwa berikut yang termasuk perubahan kimia adalah ….
    1. Peleburan
    2. Penggorengan
    3. Perubahan bentuk
    4. Pelarutan

Alasan :

……………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………..

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

LAMPIRAN

 

                                                                                       

 

 

 

 

 

 

 

Rubrik Tes tertulis

 

  1. Kertas terbakar, dan besi berkarat termasuk perubahan ….
  2. Fisika
  3. Materi 

ü Kimia

  1. Senyawa pemanasan makanan 

Alasan :

Kertas terbakar termasuk perubahan kimia karena pembakaran sedangkan besi berkarat termasuk perubahan kimia karena pengaratan.

 

  1. Bom yang meledak dan menghancurkan gedung bertingkat termasuk perubahanan…

ü Kimia 

  1. Fisika 
  2. Bentuk
  3. Wujud

Alasan :

Bom meledak menghasilkan zat baru antara lain gas dan merupakan perubahan kimia karena pembakaran.

 

  1. Contoh perubahan materi berikut yang termasuk perubahan fisika adalah ….
  2. Mercon meledak
  3. Menggoreng kacang

ü Kapur barus menyublim

  1. Besi menjadi arang

Alasan :

Kapur barus menyublin dapat di kembalikan ke sifatnya semula yakni perubahan fisika karena perubahan wujud.

 

 

  1. Perubahan-perubahan materi berikut termasuk perubahan fisika, kecuali …
    1. Kursi makan

ü Bensin terbakar

  1. Emas melebur
  2. Lilin meleleh

Alasan :

Bensin terbakar merupakan perubahan kimia karena pembakaran

 

  1. Peristiwa berikut yang termasuk perubahan kimia adalah ….
    1. Peleburan

ü Penggorengan

  1. Perubahan bentuk
  2. Pelarutan

 

Alasan :

Penggorengan merupakan perubahan kimia karena pemasakan dan tidak bisa menjadi kembali seperti bentuk semula.

 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s