Rpp Perubahan Kimia

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)

 

Satuan Pendidikan                              : Sekolah Menengah Pertama X

Mata Pelajaran                                    : IPA

Kelas/Semester                                    : VII/Semester I

MateriPokok                                       : Perubahan Materi

Sub Materi                                          : Perubahan Kimia

AlokasiWaktu                                     : 1 x 40 Menit (1 kali tatapmuka)

 

 

A. KOMPETENSI INTI

1. Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya

2. Menghargai dan menghayati perilaku jujur,disiplin, tanggungjawab, peduli (toleransi, gotong royong), santun, percaya diri, dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam dalam jangkauan pergaulan dan keberadaannya

3. Memahami pengetahuan (faktual, konseptual, dan prosedural) berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya terkait fenomena dan kejadian tampak mata.

4. Mencoba, mengolah, dan menyaji dalam ranah konkret (menggunakan, mengurai, merangkai, memodifikasi,dan membuat) dan ranah abstrak (menulis, membaca, menghitung, menggambar, dan mengarang) sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan sumber lain yang sama dalam sudut pandang/teori.

 

  1. KOMPETENSI DASAR

1.1. Mengagumi keteraturan dan kompleksitas ciptaan Tuhan tentang aspek fisik dan kimiawi, kehidupan dalam ekosistem, dan peranan manusia dalam lingkungan serta mewujudkannya dalam pengamalan ajaran agama yang dianutnya

2.1. Menunjukkan perilaku ilmiah (memiliki rasa  ingin tahu; objektif; jujur; teliti; cermat; tekun; hati-hati; bertanggung jawab; terbuka; kritis; kreatif; inovatif dan peduli lingkungan) dalam aktivitas sehari-hari sebagai wujud implementasi sikap dalam melakukan percobaan dan berdiskusi.

3.5. Memahami karakteristik zat, serta perubahan fisik dan kimia pada zat yang dapat dimanfaatkan untuk kehidupan sehari-hari.

4.6. Melakukan pemisahan campuran berdasarkan sifat fisik dan kimia

 

  1. INDIKATOR
    1. Menjelaskan pengertian perubahan kimia
    2. Menjelaskan ciri-ciri perubahan kimia
    3. Menjelaskan contoh-contoh peristiwa perubahan kimia di alam
    4. Menjelaskan perbedaan perubahan fisika dan perubahan kimia
    5. Terampil melaporkan hasil percobaannya secara lisan
    6. Menunjukkan kemampuan bekerjasama didalam melaksanakan percobaan dan atau menyelesaikan tugas-tugas yang diberikan
    7. Menunjukkan kesadaran bahwa semua yang diciptakan olehTuhan YME  itu tidak ada yang sia-sia
    8. Menunjukkan sikap disiplin di dalam pelaksanaan tugas

 

  1. TUJUAN PEMBELAJARAN
  2. Setelah melakukan percobaan bersama kelompok, Siswa dapat menjelaskan pengertian perubahan kimia dengan kata-kata sendiri
  3. Setelah melakukan percobaan bersama kelompok, Siswa dapat menjelaskan sekurang-kurangnya dua ciri ciri perubahan kimia
  4. Setelah melakukan percobaan bersama kelompok, Siswa dapat menjelaskan minimal tiga contoh peristiwa perubahan kimia di alam
  5. Setelah melakukan percobaan bersama kelompok, Siswa dapat menjelaskan sekurang kurangnya dua perbedaan perubahan fisika dan perubahan kimia
  6. Setelah melakukan percobaan bersama kelompok, Siswa dapat menarik kesimpulan berdasarkan data hasil percobaannya
  7. Siswa mampu dan terampil dalam melaporkan hasil percobaannya secara lisan
  8. Siswa mampu menunjukkan kemampuan bekerjasama di dalam melaksanakan percobaan dan atau menyelesaikan tugas-tugas yang diberikan
  9. Siswa mampu menunjukkan kesadaran bahwa semua yang diciptakan olehTuhan YME  itu tidak ada yang sia-sia
  10. Siswa mampu menunjukkan sikap disiplin di dalam pelaksanaan tugas

 

 

  1. MATERI PEMBELAJARAN

 

Pengertian perubahan kimia

Perubahan kimia adalah perubahan zat yang dapat

menghasilkan zat baru.

 

Ciri-ciri Perubahan Kimia

Sebagaimana dijelaskan pada pembahasan tentang perubahan kimia di atas,

bahwa dalam perubahan kimia selalu terbentuk zat baru. Untuk membantu

peserta didik mengidentifikasi perubahan kimia, perhatikan penjelasan

tentang ciri-ciri perubahan kimia di bawah ini.

 

a. Pembentukan Gas

Reaksi kimia bersifat unik, pada beberapa reaksi kimia tertentu dapat

membentuk gas. Contoh reaksi kimia yang membentuk gas ialah reaksi logam

magnesium (Mg) dengan asam klorida (HCl).

 

b. Pembentukan Endapan

Pada beberapa reaksi kimia tertentu dapat menghasilkan endapan. Mengapa

pada reaksi kimia dapat menghasilkan endapan? Reaksi pengendapan adalah reaksi yang menghasilkan suatu senyawa yang berbentuk padatan. Padatan tersebut tidak larut (tidak bercampur secara homogen) dengan cairan di sekitarnya, sehingga disebut sebagai endapan.

Salah satu contoh reaksi yang dapat membentuk endapan ialah antara

barium klorida (BaCl2) dengan natrium sulfat (Na2SO4)

 

c. Perubahan Warna

Mengapa suatu reaksi kimia dapat menghasilkan warna yang berbeda?

Ketika suatu reaksi kimia berlangsung, maka akan terjadi perubahan komposisi dan terbentuk zat baru, yang mungkin memiliki warna yang berbeda.Contoh reaksi kimia yang memberikan warna yang khas adalah reaksi antara tembaga sulfat (CuSO4) dengan air (H2O). Warna tembaga sulfat adalah putih, apabila ditambahkan air, maka warnanya berubah menjadi biru. Warna biru tersebut adalah warna senyawa baru yang terbentuk, yaitu CuSO4.5H2O.

d. Perubahan suhu

Reaksi kimia disertai perubahan energi. Salah satu bentuk energi yang sering

menyertai reaksi kimia adalah energi panas. Dengan demikian, terjadinya

perubahan kimia akan ditandai dengan perubahan energi panas, atau aliran

kalor dari atau ke lingkungan. Akibatnya suhu hasil reaksi dapat menjadi lebih

tinggi dan dapat menjadi lebih rendah daripada suhu pereaksinya.

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

  1. METODE/STRATEGI PEMBELAJARAN

Eksperimen/Discovery learning

 

  1. MEDIA/SUMBER BELAJAR

Buku Siswa

Lembar Kerja Siswa (LKS)

Alat dan Bahan :

Kertas, Kapur, Air, Gelas, Gunting, Korek Api

 

 

  1. LANGKAH PEMBELAJARAN

 

Kegiatan

Langkah Discovery Learning

DeskripsiKegiatan

Alokasiwaktu (menit)

 

PERTEMUAN-1

 

2X40 MENIT

Pendahu-luan

Mengamati

Pelajaran dimulai dengan guru mengajukan pertanyaan kepada siswa mengenai perubahan kimia pada proses pembakaran kayu dan perkaratan besi.

 

Motivasi dan apersepsi

–  Apakah pembentukan gas tergolong ciri reaksi kimia?

–  Mengapa makanan bisa menjadi tengik?

 

Inti

 

Mengeksplorasi

 

Guru memberikan informasi mengenai pengertian perubahan kimia

 

 

Guru membimbing peserta didik dalam pembentukan kelompok

 

Perwakilan tiap kelompok diminta untuk mengambil alat dan bahan eksperimen

 

Peserta didik dalam setiap kelompok melakukan eksperimen sesuai dengan langkah kerja pada lembar kerja siswa

 

Guru memeriksa eksperimen  yang dilakukan peserta didik apakah  sudah dilakukan dengan benar atau belum. Jika masih ada peserta didik atau kelompok yang belum dapat melaku-kannya dengan benar, guru dapat langsung memberikan bimbingan

 

Peserta didik mendiskusikan dengan kelompoknya untuk membuat kesimpulan dari hasil

percobaan

 

Peserta didik mempresentasikan hasil diskusi kelompok secara klasikal

 

Guru menanggapi hasil diskusi kelompok peserta didik dan memberikan informasi yang

sebenarnya.

 

Penutup

 

Peserta didik (dibimbing oleh guru) berdiskusi untuk membuat rangkuman kegiatan

 

Guru memberikan tugas rumah berupa latihan soal

 

 

 

 

  1. PENILAIAN PEMBELAJARAN

 

Teknik : Penilaian Produk (LP-01)

  Penilaian Kinerja (LP-02 )

  Penilaian Sikap (LP-03 )

 

 

 

 

 

Bandarlampung, Oktober 2013

Mengetahui

Kepala Sekolah                                                                        Guru Mata Pelajaran

 

 

 

Abidin Zainuri, S.Pd, MM                                            Nur Aziz Rahmat Putra, C.S.Pd

Nip : 19621109 198512 2 005                                                NPM : 1113022041

 

 

 

 

Kelompok :

Anggota

1.

2.

3.

4.

5.

6.

7.

8.

9.

10

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Petunjuk :

1. Tulis nama kelompok dan anggota pada tempat yang telah disediakan

2. Lakukan kegiatan sesuai dengan perintah yang telah diberikan

3. Diskusikan bersama dengan kelompokmu, pertanyaan yang ada

 

A. Percobaan 1

Amati selembar kertas yang telah disediakan, lalu guntinglah menjadi potongan-potongan kecil.

 

Ciri ciri kertas

Sebelum dipotong

Setelah dipotong

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

B. Percobaan 2

Amati selembar kertas yang telah disediakan, lalu bakarlah kertas tersebut.

Bagaimana keadaan kertas tersebut?

 

Sebelum di bakar

Setelah dibakar

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

C. Percobaan 3

Reaksikan kapur dan air pada tempat yang telah disediakan, lalu amati dan catat keadaan awal dan keadaan akhir kapur pada tabel berikut!

 

Sebelum direaksikan

Setelah direaksikan

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Pertanyaan:

1. Berdasarkan Eksperimen yang telah kamu lakukan, manakah peristiwa yang termasuk perubahan fisika?tuliskan alasanmu!

Jawab: ………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………

 

 

 

2. Berdasarkan Eksperimen yang telah kamu lakukan, manakah peristiwa yang termasuk perubahan kimia?tuliskan alasanmu!

Jawab: ………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………

 

3. Berdasarkan Eksperimen yang telah kamu lakukan, lengkapi tabel berikut ini!

 

Ciri ciri perubahan Fisika

Ciri ciri perubahan kimia

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Lembar Penilaian Kognitif : Perubahan Kimia (LP-01)

 

A. Pilihlah salah satu jawaban yang kamu anggap benar!

 

1.Perubahan pada zat yang tidak menimbulkan zat baru disebut ….

a.Perubahan kimia

b.Perubahan fisika

c.Perubahan wujud

d.Perubahan bentuk

 

2.Perubahan pada zat yang menimbulkan zat baru disebut ….

a.Perubahan volume

b.Perubahan bentuk

c.Perubahan kimia

d.Perubahan fisika

 

3.Batang korek api yang dibakar menghasilkan zat baru yaitu ….

a.Kayu

b.Api

c.Arang

d.udara

 

4.Perhatikan data di bawah ini!

(1)Lilin meleleh

(2)Kertas dibakar

(3)Es mencair

(4)Kayu melapuk

Yang mengalami perubahan fisika pada data di atas adalah nomor ….

a.(1) dan (2)

b.(1) dan (3)

c.(2) dan (3)

d.(2) dan (4)

 

5.Perubahan uap air menjadi embun di pagi hari merupakan salah satu contoh perubahan ….

a.Zat

b.Kimia

c.Fisika

d.materi

 

6.Perhatikan data dibawah ini!

(1)Air mendidih

(2)Nasi menjadi tepung

(3)Obat nyamuk dibakar

(4)Singkong menjadi tape

Yang mengalami perubahan kimia pada data di atas adalah nomor ….

a.(1) dan (2)

b.(2) dan (3)

c.(3) dan (4)

d.(2) dan (4)

 

7.Di dalam proses fotosintesis pada tumbuhan terjadi perubahan ….

a.Bentuk daun

b.Kimia

c.Ukuran daun

d.Fisika

 

B. Jawablah pertanyaan di bawah ini dengan benar!

 

8.Jelaskan perbedaan antara perubahan fisika dan perubahan kimia!

9.Sebutkan 3 contoh perubahan fisika yang terjadi dalam kehidupan sehari-hari!

10.Sebutkan 3 contoh perubahan kimia yang terjadi dalam kehidupan sehari-hari!

 

 

Lembar Penilaian Kinerja : Perubahan Kimia (LP-02)

 

 

Nama        : ……………….

Kelas         : ……………….

Judul praktikum: …………..

 

Petunjuk: Berilah tanda cek list (V)pada skor 1,2,3, atau 4 sesuai pada rubrik.

 

No

Aspek keterampilan

Skor

1

2

3

4

Persiapan

 

 

 

 

1

Membawa alat dan bahan

 

 

 

 

Pelaksanaan

 

 

 

 

2

Melakukan percobaan

 

 

 

 

3

Melakukan pengamatan

 

 

 

 

Penyelesaian

 

 

 

 

4

Membersihkan alat dan bahan

 

 

 

 

5

Mengembalikan alat dan bahan

 

 

 

 

 

Rubrik Penskoran:

4 : Jika siswa melakukan aspek keterampilan dengan sangat tepat

3 : Jika siswa melakukan aspek keterampilan dengan tepat

2 : Jika siswa melakukan aspek keterampilan dengan kurang tepat

1 : Jika siswa melakukan aspek keterampilan dengan tidak tepat

 

 

 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s